headline photo

Cara membackup database pada WordPress dan blogger

Database merupakan jantung dari sebuah website atau blog. Sangat direkomendasikan untuk membackup database Anda secara berkala dan menyimpannya di tempat yang aman sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat dengan mudah mengembalikan data-data situs Anda dengan cepat.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang cara untuk membackup blog WordPress atau Blogger Anda secara keseluruhan. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membackup database blog Anda. Jika Anda memakai WordPress dengan self hosted atau hosting sendiri, penyedia hosting menyediakan fasilitas untuk memudahkan Anda membackup database blog WordPress Anda, atau Anda dapat mendownload plugin untuk melakukan backup otomatis secara berkala.

Pada blog WordPress dengan self hosted atau hosting sendiri, caranya akan sedikit sulit dibandingkan dengan membackup blog yang berbasis Blogger. Oke, langsung saja, begini caranya untuk membackup database WordPress self hosted Anda:
1. Login ke cPanel dan cari ikon PHPMyAdmin pada tab Database lalu klik ikon PHPMyAdmin tersebut.



2. Lihat pada panel sebelah kiri Anda. Disana Ada beberapa database untuk teks, e-mail, informasi dll. Klik pada database blog Anda.



3. Sekarang rincian databaseuntuk posts, komentar, tag, kategori, dll akan muncul. Klik Check All dan klik pada tombol Eksport di bar menu atas.



4. Pilih ekstensi SQL dan centang Save as file lalu centang zipped. Klik “GO” untuk memulai download. Sekarang pilih dimana Anda akan menyimpanya, dan klik Save.


Sekarang kita akan membahas cara membackup database blog wordpress Anda menggunakan plugin WP-DB-BACKUP.
1. Download dan install plugin wp-db-backup. http://www.ilfilosofo.com/blog/wp-db-backup/
2. Aktifkan plugin tersebut pada tab plugin lalu pada tab Tools pilih Backup.


3. Pada panel konfigurasi Anda akan melihat pemberitahuan. Centang Schedule Backup. Pilih periode jadwal Once Daily dan masukkan alamat email Anda yang dimana Anda  ingin menyimpan database Anda. Secara default tabel database dari comment, related post, keywords tidak akan dicentang, hanya isi posting akan dikirim melalui email. Jika Anda juga ingin membackup comment, related post, keywords centang pada bagian comment, related post, keywords.


Sekarang mari kita bahas bagaimana cara membackup blog blogger Anda. Cara ini relatif lebih mudah.
1. Login ke account blogspot Anda dan klik pada tab “Settings”.
2. Klik pada blog “Export blog” pada tab Blog Tools.

3. Lalu akan terbuka halaman untuk membackup blog blogger Anda dan meminta Anda untuk men-download blog. Tekan “DOWNLOAD BLOG”.
Jadi, backup blog WordPress atau blogger Anda sekarang juga.

www.tips-fb.com